Mengenal Jenis-Jenis Bahan Kaos

JENIS-JENIS BAHAN KAOS

Bahan kain yang digunakan untuk segmen kaos sangat banyak, berikut kami sebutkan beberapa diantaranya:

1. COTTON

Cotton (katun) dibuat dari serat alami dari kapas. Sifat dari cotton adalah halus, adem, nyaman dipakai, lembut dan menyerap keringat. Untuk membuktikannya bisa dengan cara dibakar, jika 100 % cotton maka akan habis terbakar hancur menjadi debu. Jenis kain inilah yang digunakan untuk segmen distro dan clothing. COTTON ada 2 macam berdasarkan spesifikasi benang:

  • Cotton Combed, Cotton Combed umumnya yang digunakan untuk kaos distro, dengan gramasi  jenis 24s dan 30s. Jenis cotton yang satu ini mempunyai serat benang yang lebih halus, rajutan dan tampilan bahan lebih halus dan rata, berdasarkan jenis benang yang digunakan serta setting gramasi (gr/m2) di mesin rajutnya, memiliki beberapa jenis yaitu : 20s, 24s, 30s, 40s. Semakin tinggi nilai gramasi nya, semakin tipis bahan nya. Bahan ini mampu menyerap keringat dan tidak panas karena terbuat dari serat kapas alam.
  • Cotton Carded, cotton carded memiliki serat benang yang kurang halus. hasil rajutan dan tampilan kurang halus serta kurang rata. cotton carded juga mempunyai beberapa jenis yaitu : 20s, 24s, 30s. walaupun kurang halus tapi bahan ini tetap enak untuk dipakai dan harganya yang relatif lebih murah di bandingkan cotton combed. Bahan ini mampu menyerap keringat dan tidak panas karena terbuat dari serat kapas alam.

2. TC

Jenis bahan ini adalah campuran dari 35% Cotton Combed dan 65% Polyeste (Teteron). Dibandingkan bahan kaos katun (Cotton), bahan TC kurang bisa menyerap keringat. Kelebihannya jenis bahan TC lebih tahan ’shrinkage’ (tidak susut atau melar) meskipun sudah dicuci berkali-kali. Harga TC dan Cotton Combed dipasaran tidak terpaut jauh, oleh karena itu dibanding menggunakan TC, biasanya para konsumen lebih memilih menggunakan cotton

4. PE

Jenis bahan ini terbuat dari serat sintetis atau buatan dari hasil minyak bumi untuk dibuat bahan berupa serat fiber poly dan yang untuk produk plastik berupa biji plastik. Kain ini akan menggumpal ketika dibakar, seperti ada gumpalan lelehan plastik. PE tidak memenuhi standar distro dan biasanya dipakai oleh kalangan konveksi atau garmen. Bahan PE biasa digunakan untuk pembuatan kaos olahraga dan terkadang juga digunakan untuk pembuatan kaos promo.

5. LACOSTE COTTON

Lacoste adalah sebutan untuk bahan poloshirt, mempunyai teksture berpori-pori pada 2 sisi bahannya (luar dan dalam). Seperti jenis cotton lainnya, Lacoste cotton juga nyaman di pakai dan Dingin. Sebanding dengan kualitasnya, harganya juga yang paling tinggi.

6. LACOSTE CVC

Bahan ini tidak 100% cotton tetapi mengandung sedikit campuran polyester, Bahan ini masih banyak digunakan untuk Distro, karena kenyamanan yang masih terasa saat dipakai.

7. LACOSTE PE

Bahan ini mengandung banyak campuran polyester, sehingga lebih panas dan kurang nyaman ketika dikenakan.

8. DIADORA

Bahan ini disebut diadora karena bahan ini meniru dari merek terkenal Diadora (perusahaan Sport International), sehingga disebut oleh orang indonesia bahan diadora. Bahan Diadora ini biasanya digunakan untuk sweater/pakaian yang berbau sport, sehingga kelihatan sporty. Bahan ini juga cocok digunakan untuk pembuatan celana training. Tekstur dalam bahan diadora sedikit berserabut (sedikit mirip kain flanel) namun diluarnya halus seperti bahan kaos.Bahan ini menyerap keringat.

9. ADIDAS

Bahan ini juga sama seperti bahan diadora, disebut adidas karena bahan ini meniru dari merek terkenal Adidas (perusahaan Sport International), sehingga disebut oleh orang indonesia bahan Adidas.Seperti namanya, bahan ini sering digunakan untuk pembuatan pakaian olahraga seperti jaket ataupun celana olahraga. Bahan ini sedikit kaku dan tebal tetapi halus.Bahan ini juga menyerap keringat.

10. LOTTO

Bahan ini juga sama seperti bahan diadora dan adidas, disebut lotto karena bahan ini meniru dari merek terkenal Lotto (perusahaan Sport International), sehingga disebut oleh orang indonesia bahan Lotto. Bahan Lotto ini biasanya digunakan untuk sweater/pakaian yang berbau sport, sehingga kelihatan sporty, tetapi pada umumnya bahan lotto digunakan untuk celana olahraga baik yang pendek maupun training. Bahan lotto tidak setebal bahan diadora dan bahan adidas, bahan ini lebih jatuh dibandingkan keduanya, juga penyerapan keringatnya tidak sebaik bahan tersebut.

13. DRYFIT

Bahan jenis ini biasa digunakan pada pembuatan kaos kostum atau jersey olahraga. Daya lentur dan padat pada kain serta mudah kering ini menjadi pilihan tepat untuk dijadikan bahan kaos anda. Bahan kaos Dry Fit sering disebut juga dengan bahan Nike, yaitu terbuat dari campuran Polyester, Spandex, dan Nylon.

14. Hyget
Bahan hyget biasa digunakan untuk kaos partai dan kaos bola. Bahan jenis ini merupakan bahan yang termurah diantara bahan-bahan kaos. Bahannya mengkilat dan tidak menyerap keringat saat digunakan. Bahan hyget sendiri dibagi menjadi hyget tipis, hyget sedang, dan hyget tebal. Hyget tipis biasa digunakan untuk kaos partai, pilkada, dan kampanye. Hyget sedang biasa digunakan untuk kaos promosi, kaos event, kaos tour, kaos bola, dll. Sedangkan hyget tebal merupakan bahan yang bisa didapat dengan budget murah tetapi tetap berkualitas. Hyget tebal biasa digunakan untuk promosi, event, family gathering, souvenir, bola atau futsal, dll.

Nha…itu tadi bahan-bahan yang dapat anda pilih untuk membuat kaos, celana. Semua bahan memang memiliki kekurangan maupun kelebihan tetapi yang pasti semakin bagus bahannya harganya tentu semakin mahal, ingat ada harga, ada kualitas. Ingin membuat atau pesan kaos sablon, kaos olahraga, kaos panitia/event, seragam olahraga,dll, silahkan hubungi kami klik jika ingin melihat harga yang kami tawarkan harga grosir update 2014

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s